Adat Batak Membangun Rumah

Adat Batak Membangun Rumah

Baca juga pakaian adat batak. Rumah adat batak ribuan jumlah suku bangsa di indonesia membuat negeri ini memiliki kekayaan adat dan budaya yang sangat melimpah.

Kliping Rumah Adat Indonesia Beserta Penjelasannya Docx

Rumah ini menjadi simbol keberadaan masyarakat batak yang tinggal di kawasan.

Adat batak membangun rumah. Provinsi sumatera utara sumut memiliki berbagai macam daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun asing. Rumah adat karo seperti juga rumah adat toba mandailing simalungun dairi dan pakpak tidak memiliki kamar kamar. Terbuat dari kayu rumah ini mempunyai atap segitiga yang melengkung serta terdapat ruang di bagian bawah yang biasanya menjadi kandang bintang.

Rumah adat batak toba memang paling gampang dikenali. Anak kita sedang membangun rumah di medan. Sebagian rumah adat melayu dapat dijumpai di pekanbaru ibukota riau dan diluar pekanbaru seperti kampar dan siak.

Perpaduan seni dan agama dalam membangun rumah adat melayu sepertinya menjadi sebuah syarat yang mutlak dna tidak bisa ditawar lagi. Popularitas indonesia si mata dunia adalah sebagai adalah satu negara yang memiliki ragam budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Rumah adat batak.

Rumah adat suku batak lebih dikenal dengan nama rumah bolon atau rumah gorga. Ada juga rumah adat yang berlokasi di riau dan didaerah kepulauan. Seperti rumah tradisional lain rumah adat batak merupakan mikro kosmos perlambang makro kosmos yang terbagi alas 3 bagian atau tritunggal banua yakni banua tongga bawah bumi untuk kaki rumah banua tonga dunia untuk badan rumah banua ginjang singa dilangit untuk atap rumah.

Bahan bahan bangunan terdiri dari kayu dengan tiang tiang yang besar dan kokoh. Disan do bale balenta disanalah rumah kita nungnga adong balebale ni lae i di jakarta sudah ada rumah ipar kita itu di jakarta. Namun sebenarnya rumah tradisional tersebut memiliki berbagai macam jenis.

Salah satunya adalah rumah adatnya. Nah tahukah kalian meski gampang dikenali dan sekilas bentuknya sama rumah adat batak toba ternyata banyak jenisnya. Rumah adat batak toba sumatera utara hal ini diartikan tamu harus menghormati si pemilik rumah.

Dinding dari papan atau tepas lantai juga dari papan sedangkan atap dari ijuk. Rata rata rumah adat dari klan batak ini dapur tempat memasak berada di tengah rumah. Home budaya rumah adat batak rumah adat batak.

Ahli bangunan adat arsitek tradisional suku batak disebut pande. Selain keduanya ada juga ruma parsantian yaitu rumah adat yang menjadi hak seorang anak bungsukini sudah tidak ada lagi masyarakat yang membangun ruma bolon salah satu peninggalan budaya ruma bolon masih dapat kita saksikan di kawasan kampung batak di desa tomok. Padahal rumah yang dibangun anaknya di medan adalah rumah gedong.

Rumah adat batak toba berdasarkan fungsinya dapat dibedakan ke dalam rumah yang digunakan untuk tempat tinggal keluarga disebut ruma dan rumah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan lumbung disebut sopo. Lantai rumah adat batak toba sumatera utara ini kadang kadang sampai 175m di atas tanah dan bagian bawah dipergunakan untuk memelihara hewan seperti babi ayam dan sebagainya. Semua rumah rumah adat ini adalah rumah panggung dengan falsafah masing masing pula.

Info Lengkap Tentang Rumah Adat Banten Dan Tips Awal Membangun Rumah

7 Rumah Adat Kalimantan Tengah Lengkap Ciri Khas Ruangan Dll

Rumah Adat Sumatera Selatan Nama Jenis Gambar Dll Guratgarut

Rumah Adat Batak Di Kota Werpeloh Jerman Jadi Obyek Wisata

Rumah Adat Batak Teruji Kecanggihan Teknologinya Yang Tidak Kalah


0 Response to "Adat Batak Membangun Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel