Gambar Ukiran Rumah Adat Minangkabau

Gambar Ukiran Rumah Adat Minangkabau

Seperti warisan budaya lainnya rumah gadang pun memiliki legenda dan maknanya tersendiri. Filosofi ukiran rumah gadang minangkabau ornamen ukiran tradisional rumah gadang minangkabau semuanya berwujudkan alam flora yang tidak hanya berperan sebagai penghias belaka meladnkan juga merupakan simbol yang mempunyai makna di dalamnya.

Http Publikasi Mercubuana Ac Id Index Php Narada Article Download 2857 2380

Rumah adat minangkabau sumatera barat ini ialah merupakan salah satu provinsi di negara indonesia yang lokasinya terletak di tengah tengah pulau sumatera dengan menjadikan kota padang sebagai ibu kotanyasesuai dengan namanya sumatera barat ini memang lokasinya terletak di tepi barat pulau sumatera.

Gambar ukiran rumah adat minangkabau. Dinding rumah gadang umumnya dihiasi dengan beragam motif ukiran yang diberi warna kuning merah. Saribundobiz ornamen ukiran tradisional rumah gadang minangkabau semuanya berwujudkan alam flora yang tidak hanya berperan sebagai penghias belaka melainkan juga merupakan simbol yang mempunyai makna ukiran rumah gadang itu. Pada dasarnya ukiran pada rumah gadang merupakan ragam hias dalam bentuk garis melingkar atau persegi.

Bagian paling mencolok dari rumah gadang adalah atapnya yang berbentuk tanduk runcing. Makna ukiran rumah gadang perbedaannya didasarkan kepada inspirasi dari motif ukiran. Ketiga ukiran tersebut terinspirasi dari alam.

Rumah gadang adalah rumah adat suku minangkabau yang juga memiliki sebutan lain seperti rumah godang. Wwwsaribundobiz sesuai dengan ajaran falsafah minangkabau yang bersumber dari alam alam takambang jadi guru ukiran ukiran pada rumah gadang juga merupakan simbolisasi dari alam. Setelah diteliti ornamen ularan rumah gadang mempunyai hubungan yang erat dengan adat di minangkabau.

Rumah adat minangkabau minangkabau merupakan kelompok etnis di pulau sumatera yang memiliki wilayah yang luas. Motif ukiran rumah gadang sumber. Seni ukiran minang yang terdapat di rumah gadang rumah gadang rumah bagonjong rumah adat minangkabau diantaranya adalah sebagai berikut.

Setelah ditehti ornamen ularan rumah gadang mempunyai hubungan yang erat dengan adat di minangkabau. Minangkabau memiliki ragam budaya dengan ciri khas tertentu. Asal usul rumah adat gadang minangkabau gambar oleh realyusra dari pixabay.

Nah demikianlah pemaparan sekilas kami tentang rumah adat sumatera barat beserta gambar sejarah filosofi dan penjelasannya. Kepulauan mentawai dan pulau pulau lainnya yang berada di samudera hindia ini masih. Walaupun tempat ukiran pada sebuah rumah gadang tidak muthlak ada satu jenis ukiran namun hal ini diatur dan berpedoman juga pada ukuran jangko dalam adatpatut senteang tidak boleh dalam patut dalam boleh senteang didalam alur dengan patut malabihi ancak ancak mangurangi sio sio talampau aru bapantiangan kurang aru cirik kambiangan condong mato.

Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas kuat masyarakat minang adalah rumah adat minangkabau. Kebudayaan yang dimiliki sangat melekat dengan kehidupan masyarakat minangkabau minang beserta unsur agama yang kuat.

Rumah Adat Minangkabau Padang Sumatera Barat Guratgarut Com

Makna Dan Arti Ukiran Di Rumah Gadang Jamgadang04

Negeri Sembilan Rumah Minangkabau

Lebih Dekat Dengan Kebudayaan Minang Di Sijunjung

Rumah Gadang Di Minangkabau Direktorat Kepercayaan Terhadap


0 Response to "Gambar Ukiran Rumah Adat Minangkabau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel