Nama Atap Rumah Adat Minangkabau

Nama Atap Rumah Adat Minangkabau

Kebudayaan yang dimiliki sangat melekat dengan kehidupan masyarakat minangkabau minang beserta unsur agama yang kuat. Kepulauan mentawai dan pulau lain di samudera hindia bahkan masih masuk dalam wilayahnya.

Mengenal Rumah Adat Minangkabau Yang Disebut Rumah Gadang

Hal ini mencerminkan bahwasanya para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas.

Nama atap rumah adat minangkabau. Rumah gadang ini dibuat berbentuk empat persegi panjang dan dibagi atas dua bahagian muka dan belakang. Rumah adat minangkabau minangkabau merupakan kelompok etnis di pulau sumatera yang memiliki wilayah yang luas. Rumah gadang atau rumah godang adalah nama untuk rumah adat tradisional minangkabau yang banyak dijumpai di provinsi sumatera barat.

Rumah adat di indonesia begitu luas tentunya memliki banyak kekayaan alam keberaneka ragam agama suku budaya dan adat istiadat. Rumah adat minangkabau provensi sumatra barat ini ialah merupakan salah satu provinsi di negara indonesia yang lokasinya terletak di tengah tengah pulau sumatra dengan menjadikan kota padang sebagai ibu kotanya di sana. Salah satu yang bikin banyak orang terpana adalah rumah adat minangkabau di sumatera barat.

Sering disebut juga dengan nama rumah baanjuang dan rumah bagonjong. Cocok dengan namanya sumatra barat ini memang lokasinya terletak di tepi barat pulau sumatra lokasinya. Begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat.

Nama rumah adat minangkabau adalah rumah gadang atau rumah godang. Simbol dari rumah adat minangkabau ini ialah terdiri dari atap rumahnya yang melengkung dan lancip atau juga yang biasa dikatakan sebagai gonjong ini ialah menjadi salah satu simbol simbol untuk seluruh masyarakat minangkabau. Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas kuat masyarakat minang adalah rumah adat minangkabau.

Rumah adat sumatera barat ini mempunyai ciri ciri yang sangat khas dan indah yaitu bentuk atap yang melengkung seperti tanduk kerbau dan badan rumah landai seperti badan kapal. Rumah gadang atau rumah godang adalah nama untuk salah satu rumah adat tradisional indonesia yang banyak di jumpai di provinsi sumatera barat indonesiarumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama rumah baanjung. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong atau rumah baanjuang.

Minangkabau memiliki ragam budaya dengan ciri khas tertentu. Sesuai namanya sumatera barat memang terletak di sepanjang pesisir barat pulau sumatera. Masyarakat awam sering menyebut rumah adat ini dengan nama rumah gadang atau di daerah asalnya masyarakat minangkabau menyebutnya rumah bagonjong.

Simbol simbol rumah adat minangkabau lihatcoid. Rumah adat ini memiliki keunikan bentuk arsitektur dengan bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau dan dahulunya dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan sampai puluhan tahun namun belakangan atap rumah ini banyak berganti dengan atap seng. Rumah adat sumatera barat sumatera barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang letaknya di tengah pulau sumatera dengan menjadikan padang sebagai ibu kotanya.

Rumah gadang sebagai tempat tinggal bersama mempunyai ketentuan ketentuan tersendiri. Nama ini mengacu pada bentuk atapnya yang meruncing di ujung seperti gonjong.

Atap Rumah Adat Minang Runcing Bagaikan Tanduk Bagaimana

Pdf Aspek Aspek Yang Mempengaruhi Wient Arjom Arjom Academia Edu

Atap Rumah Adat Minang Runcing Bagaikan Tanduk Bagaimana

Arsitekturdanalam Hash Tags Deskgram

6 Adaptasi Atap Rumah Adat Untuk Hunian Modern


0 Response to "Nama Atap Rumah Adat Minangkabau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel