Jenis Rumah Adat Batak

Jenis Rumah Adat Batak

Adapun hal yang melatarbelakanginya adalah kepopulerannya sebagai rumah adat yang berasal dari sumatera utara. Setidaknya ada 3 jenis rumah adat batak selain rumah adat bolon dengan gaya arsitektur dekorasi dan pembagian ruangan yang hampir sama namun sedikit memiliki perbedaan.

Rumah Adat Batak Lengkap Jenis Rumah Ciri Khas Ruangan Dll

Salah satunya adalah rumah adatnya.

Jenis rumah adat batak. Gambar disamping merupakan gambar dari rumah adat yang ada di batak karo. Rumah ini menjadi salah satu jenis rumah adat batak berdasarkan ukuran karena menjadi yang terbesar diantara rumah jenis lainnya. Namun sebenarnya rumah tradisional tersebut memiliki berbagai macam jenis.

Rumah berbentuk persegi panjang dan masuk dalam kategori rumah panggung ini umumnya dihuni oleh 4 6 keluarga yang hidup secara bersama sama. Bicara mengenai sumatera utara mungkin yang pertama terlintas adalah suku batak atau danau toba yang merupakan danau terluas di indonesia. Rumah bolon terbagi menjadi beberapa jenis antara lain rumah bolon simalungun rumah bolon toba rumah bolon karo rumah bolon mandailing rumah bolon angkola dan rumah bolon pakpak.

Rumah yang satu ini memang kerap kali terlihat di media massa maupun internet. Ada beberapa jenis rumah balon yang sempat populer dan menjadi gaya arsitektur hunian rumah orang batak. Beberapa jenis rumah adat di indonesia tersebut diantaranya rumah balon toba balon simalungun balon pakpak balon karo balon angkota diantara rumah rumah tersebut memiliki ciri khas gaya bangunan tersendiri namun pada saat ini juga.

Rumah bolon terbagi menjadi beberapa jenis antara lain rumah bolon simalungun rumah bolon toba rumah bolon karo rumah bolon mandailing rumah bolon angkola dan rumah bolon pakpak. Rumah adat batak adalah rumah bolon yang biasanya terdiri dari dua bagian yaitu rumah dan sopo lumbung padi. Batak karo ini memilik bahasa keseharian yang meraka gunakan sendiri yaitu bahasa batak karo.

Rumah adat bolon merupakan rumah adat provinsi sumatera utara. Rumah adat batak daya tarik lain dari samosir bukan hanya suku bataknya saja tetapi juga rumah adat batak. Bukan hanya sekadar rumah hunian masyarakat setempat namun juga memiliki banyak keistimewaan yang membuat anda berdecak kagum.

Rumah ini menjadi simbol keberadaan masyarakat batak yang tinggal di kawasan. Lumbung padi itulah yang ada di depan rumah dan dibatasi dengan pelataran luar. Rumah adat suku batak lebih dikenal dengan nama rumah bolon atau rumah gorga.

Pelataran tersebutlah yang memiliki fungsi. Rumah adat bolon merupakan rumah adat provinsi sumatera utara. Gambar dan penjelasan rumah adat sumatera barat di bawah ini merupakan penjelasan tiga jenis rumah adat batak yang berasal dari sub sub suku batak.

Padahal masih banyak kekayaan budaya lainnya yang terdapat di sana. Rumah adat batak toba atau biasa disebut rumah bolon telah didaulat menjadi perwakilan rumah adat sumatera utara di kancah nasional. Salah satunya yaitu rumah adat sumatera utara.

Provinsi sumatera utara sumut memiliki berbagai macam daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun asing. Batak karo sendiri ini berdiam di daerah karo yang ada di sumatera utara dan memiliki sejumlah kepala keluarga yang berdiam didalamnya.

Rumah Megah Sarat Filosofi Adat Batak Toba Pesona Indonesia

Pola Perkampungan Dan Jenis Rumah Adat Batak Toba Heffri Hutapea

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasannya 34

Rumah Bolon Rumah Adat Suku Batak Bobo

Tarian Batak


0 Response to "Jenis Rumah Adat Batak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel