Motif Hias Rumah Adat Aceh

Motif Hias Rumah Adat Aceh

Gambar batik aceh motif pintu aceh. Ciri khusus rumah adat nanggroe aceh darussalam yaitu terdapat beberapa motif hiasan yang dipakai antara lain.

23 Konsep Top Pintu Rumah Adat Aceh

Rumah krong bade merupakan rumah panggung dengan satu buah tangga depan yang biasa digunakan untuk berlalu lalang.

Motif hias rumah adat aceh. Motif hias geometris zig zag. Setiap bagian rumah biasanya memiliki ukiran dengan motif hias flora ataupun fauna. Motif tolak angin menjadi perlambang banyaknya ventilasi udara di setiap rumah adat.

Motif hias adalah dasar atau corak dari sebuah bidang sehingga terlihat indah. Rumah adat krong bade nanggroe aceh darussalam rumah krong bade atau juga biasa dikenal dengan nama rumoh aceh adalah rumah adat dari provinsi terbarat di indonesia nanggroe aceh darussalam. Motif batik tolak angin menunjukkan gambar mengenai banyaknya jumlah ventilasi yang ada pada rumah adat aceh tersebut.

Motif batik tolak angin bisa jadi merupakan perlambang bahwa masyarakat aceh pada umumnya cenderung mudah menerima perbedaan budaya maupun prinsip satu sama lain. Rakyat aceh memiliki tabiat dan adat istiadat tidak mudah terbuka dengan orang asing namun dapat menjadi sangat baik bahkan bagaikan saudara kandung bila sudah saling mengenal. Semoga dapat menjadi referensi bagi kita untuk semakin mengenal budaya masyarakat suku aceh.

Kenyataannya rumah adat aceh memang berpintu rendah namun di dalamnya memiliki ruangan yang lapang. Motif hias rumah adat aceh ini sangat bervariasi mulai dari motif yang berasal dari agama motif flora motif fauna dan juga motif alam. Motif hiasan memakai ukuran yang berasal dari agama seperti ayat ayat al quran.

Selain sebagai cara untuk mempercantik rumah ukiran tersebut juga menandakan bahwa masyarakat aceh mencintai keindahan dalam berbagai hal. Jika anda ke banda aceh jangan lupa untuk datang mengunjungi dan saksikan keadaan rumah adat aceh tempo dulu. Motif pintu misalnya menunjukkan ukuran tingi pintu yang rendah.

Motif flora seperti tumbuh tumbuhan baik berbentuk daun akar batang ataupun bunga bungaan. Motif bunga jeumpa bunga kantil diambil karena banyak terdapat di aceh. Motif rumah adat krong bade.

Motif tolak angin menjadi perlambang banyaknya ventilasi udara di setiap rumah adat motif ini mengandung arti bahwa masyarakat aceh cenderung mudah menerima perbedaan. Sketsa rumah adat aceh sketsa rumah rumah adat aceh. Motif hias atau ukiran ukiran keagamaan yang diambil dari ayat ayat al quran.

Nah demikianlah pemaparan sekilas kami tentang rumah adat aceh beserta gambar sejarah filosofi dan penjelasannya. Batik aceh motif bungong jeumpa. Diartikan sebagai melambangkan kepribadian orang aceh pada umumnya rumah adat di aceh memiliki pintu yang rendah.

Jika artikel penjelasan rumah adat krong bade ini dirasa bermanfaat silakan share. Di dalam rumah aceh yang terletak di komplek museum aceh banyak terdapat barang barang peninggalan tempo dulu yang sering digunakan oleh orang aceh diantaranya pedeung on jok jingki guciberandam atau tempat menyimpan padi dll.

Mahasiswa Isbi Aceh Kunjungi Rumah Tradisional Aceh Awe Geutah

1 Motif Khas Aceh Besar Pages 1 37 Text Version Fliphtml5

Inilah Makna Dibalik Motif Pinto Aceh Universitas Abulyatama

1 Motif Khas Aceh Besar Pages 1 37 Text Version Fliphtml5

Rumah Adat Aceh


0 Response to "Motif Hias Rumah Adat Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel