Gambar Rumah Adat Batak Angkola

Gambar Rumah Adat Batak Angkola

Rumah bolon terbagi menjadi beberapa jenis antara lain rumah bolon simalungun rumah bolon toba rumah bolon karo rumah bolon mandailing rumah bolon angkola dan rumah bolon pakpak. Gambar rumah adat bolon via sportourismid.

Rumah Adat Batak Diduga Tahan Gempa

Rumah bolon terbagi menjadi beberapa jenis antara lain rumah bolon simalungun rumah bolon toba rumah bolon karo rumah bolon mandailing rumah bolon angkola dan rumah bolon pakpak.

Gambar rumah adat batak angkola. Rumah adat angkola menggunakan ijuk sebagai atap dan juga papan sebagai dinding dan lantai. Adanya beberapa sub suku batak menyebabkan arsitektur rumah adat satu ini juga terbagi ke dalam beberapa versi. Meski rumah adat bolon dianggap sebagai satu satunya identitas rumah adat sumatera utara yang diakui secara nasional namun tahukah anda jika sebetulnya orang batak di sumatera utara memiliki lebih dari satu gaya arsitektur hunian.

Rumah adat bolon yang ada di provinsi sumatera utara ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara. Suku batak angkola adalah salah satu suku batak yang bermukim di daerah angkola yang berada di kabupaten tapanuli selatan provinsi sumatra utara. Angkola adalah etnis yang berdiri sendiri meski banyak yang menyamakannya dengan mandailing.

Terlebih lagi bagi mereka yang belum pernah melihatnya dan punya antusias yang tinggi terhadap peninggalan sejarah kebudayaan di suatu daerah. Rumah adat angkola atapnya menggunkan ijuk dan dinding serta lantainya dari papan. Ada rumah bolon toba rumah bolon karo rumah bolon simalungun rumah bolon pakpak rumah bolon mandailing dan rumah bolon angkola.

Rumah adat bolon merupakan sebutan bagi rumah adat suku batak di sumatera utara. Rumah adat ini juga dinamai bagas godang seperti rumah adat mandailing. Rumah adat batak adalah salah satu bukti kekayaan budaya dan peninggalan sejarah di indonesia tepatnya di provinsi sumatera utara.

Nama angkola berasal dari nama sungai di angkola yaitu sungai batang angkola. Orang angkola merupakan suatu kelompok masyarakat dari etnis batak yang menurut cerita menduduki wilayah angkola sejak berabad abad yang lalu. Rumah adat bolon merupakan rumah adat provinsi sumatera utara.

Rumah adat angkola masih dinamai bagas godang hanya saja terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Suku angkola atau batak angkola adalah suatu suku yang berdiam tersebar di seluruh wilayah kabupaten tapanuli selatan terutama di daerah angkola termasuk padang sidimpuan di provinsi sumatra utara. Rumah adat bolon merupakan rumah adat provinsi sumatera utara.

Dilihat dari bentuknya rumah adat ini berbentuk persegi panjang termasuk kategori rumah panggung. Angkola merupakan etnis yang berdiri sendiri meskipun banyak orang yang menyamakan dengan mandailing. Hal semacam ini memang kerap menjadi perhatian para pengunjung untuk datang berkunjung.

Suku batak sendiri terbagi menjadi beberapa anak suku yaitu batak karo batak simalungun batak pakpak batak toba batak angkola dan batak mandailing yang masing. Tetapi terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Menurut cerita sungai ini diberi nama oleh rajendra kola chola i penguasa kerajaan chola 1014 1044 m di india selatan ketika itu yang masuk melalui padang lawas.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Gambar Penjelasannya

Pakaian Adat Sumatera Utara Medan Batak Karo Batak Mandailing Dll

Penampakan Khas Rumah Adat Batak Simalungun

Kenali Rumah Adat Pakpak Ini Fotonya Bataksiana

Inilah 10 Rumah Adat Sumatera Utara Dari Berbagai Suku


0 Response to "Gambar Rumah Adat Batak Angkola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel