Filosofi Rumah Adat Jawa Timur

Filosofi Rumah Adat Jawa Timur

Salah satu ciri budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia adalah rumah adat dengan nama khas di setiap daerahnya. Hal ini berdasarkan pada atap rumah joglo yang berbentuk tajug yang serupa gunung.

Sejarah Gurusekolah Co Id

Selain itu rumah adat ini mempunyai filosofi dan sanepan yang terkandung.

Filosofi rumah adat jawa timur. Istilah dhurung memliki arti sebuah gubuk yang tidak berdinding yang terbuat dari kayubambu dan atap yang terbuat dari daun pohon dheun dalam bahasa bawean. Kedua rumah adat tersebut memiliki ciri khas yang sama yaitu bentuk atap yang terinspirasi dari gunung mengingat nama joglo sendiri diserap dari kata tajug dan loro yang berarti dua gunung. Rumah adat jawa timur indonesia merupakan negara dengan beragam budaya yang ada.

Bahkan di setiap daerah memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. Salah satu yang mencirikan budaya bangsa indonesia adalah rumah adat berserta nama khas di setiap daerahnya. Sejarah rumah joglo jawa timur.

Rumah adat joglo jawa timuran merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi jawa timur. Rumah adat jawa timur joglo dasar filosofi dan arsitekturnya sama dengan rumah adat di jawa tengah joglorumah adat joglo di jawa timur masih dapat kita temui banyak di daerah ponorogo. Setiap daerah di indonesia pasti mempunyai ciri khas serta keunikan tersendiri.

Nama joglo diambil dari dua suku kata yaitu tajug dan loro. Salah satu kebudayaan yang sangat populer yaitu rumah adat. Kekayaan budaya yang dimiliki menjadikan nilai yang sangat luhur dan mencirikan identitas bangsa itu sendiri.

Rumah adat ini mempunyai kemiripan dengan rumah adat joglo jawa tengah. Rumah adat jawa timur indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku adat budaya agama dan lain sebagainya. Rumah adat jawa timur dikenal dengan nama joglo.

Artinya adalah penggabungan dua tajug. Pengertian rumah adat jawa timur. Salah satu penerapannya dapat dilihat pada rumah tradisional situbondo.

Rumah adat jawa timur negara indonesia merupakan negara dengan beragam budaya yang ada. Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya lebih minimalis tetapi artistik. Nama rumah adat jawa timur memang sama dengan nama rumah adat jawa tengah yaitu rumah joglo.

Filosofi rumah adat joglo filosofi rumah adat jawa tengah joglo. Orang jawa kuno percaya bahwa gunung merupakan simbol yang sakral. Salah satu peninggalan kebudayaan yang masih tetap lestari hingga saat ini adalah rumah adat.

Sinkretisme agama dan kepercayaan kejawen memberikan pengaruh terhadap bentuk dan tata ruang rumah joglo. Setiap daerah pasti memiliki rumah adatnya masing masing. Rumah adat jawa timur budaya di indonesia memang dikenal sangat plural dan beragam mulai dari rumah adat seni budaya hingga berbagai macam bahasa dapat kita jumpai di nusantara tercinta ini.

Rumah adat jawa timur dikenal dengan nama joglo seperti salah satu rumah adat dari jawa tengah. Dasar filosofi di rumah joglo juga sama dengan jawa tengah. Rumah adat jawa timur yang ini berbeda dengan rumah adat yang lainnya yang terletak di pulau bawean yakni kota gresik jawa timur.

Pengaruh agama islam yang berbaur dengan kepercayaan animisme agama hindu dan budha masih mengakar kuat dan itu sangat berpengaruh dalam arsitekturnya yang kentara dengan filsafat sikretismenya. Budaya yang ada di indonesia memiliki nilai yang sangat luhur dan mempunyai ciri khas kebangsaan sendiri.

Rumah Adat Jakarta Gps Wisata Indonesia

Kumpulan Sejarah Dan Peristiwa Rumah Adat Jawa Disertai Gambar

2 Keunikan Rumah Adat Jawa Timur Yang Membuat Kamu Jatuh Cinta

Rumah Adat Jawa Timur Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasan

Rumah Adat Jawa Timur Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasan


0 Response to "Filosofi Rumah Adat Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel