Lukisan Rumah Adat Batak Toba

Lukisan Rumah Adat Batak Toba

Ternyata rumah adat batak juga memiliki makna yang luas bukan hanya keindahan dan keunikannya saja. Bagi masyarakat batak rumah ini tampak seperti seekor kerbau yang sedang berdiri.

Mewarnai Rumah Bolon Adat Batak Contoh Gambar Mewarnai

Rumah adat batak biasanya ditempati lima sampai enam keluarga.

Lukisan rumah adat batak toba. Berikut adalah makna lengkap dari rumah anda yang dibuat suku batak ini. Ahli bangunan adat arsitek tradisional suku batak disebut pande. Rumah ini berbentuk seperti rumah panggung yang disangga oleh beberapa tiang penyanggatiang penyangga rumah.

Rumah balai batak toba juga dikenal sebagai rumah bolon. Dan hampir keseluruhannya bangunannya terbuat dari bahan alam. Rumah adat ini berbentuk persegi panjang serta termasuk kategori rumah panggung.

Seperti rumah tradisional lain rumah adat batak merupakan mikro kosmos perlambang makro kosmos yang terbagi alas 3 bagian atau tritunggal banua yakni banua tongga bawah bumi untuk kaki rumah banua tonga dunia untuk badan rumah banua ginjang singa dilangit untuk atap rumah. Pada zaman dahulu rumah adat ini mempunyai fungsinya masing masing seperti rumah adat perempuan yang berfungsi sebagai tempat memasak rumah adat laki laki sebagai tempat perkumpulan dan sopo yang digunakan sebagai tempat menumbuk padi dan tempat menyimpan bahan makanan tahunan. Rumah adat batak ribuan jumlah suku bangsa di indonesia membuat negeri ini memiliki kekayaan adat dan budaya yang sangat melimpah.

Pembangunan rumah adat suku batak ini dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat batak. Popularitas indonesia si mata dunia adalah sebagai adalah satu negara yang memiliki ragam budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Rumah adat bolon ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara.

Bahan pembuatannya pun rata rata dari kayu dan memiliki atap berbentuk segitiga melengkung. Selain itu peninggalan batak toba yang masih dijumpai saat ini adalah rumah adat. Makna lukisan dan hiasan rumah adat batak.

Berbicara mengenai rumah adat batak toba tentu tidak akan terlepas dari bentuknya yang terbilang mudah untuk dikenali.

Rumah Adat Batak Toba Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat Batak Arsitektur Filosofi Dan Ciri Khas

Merayap Di Dinding Gorga Mengenal Filosofi Seni Ukir Batak

282661 Kajian Ornamen Gorga Di Rumah Adat Batak 4bbc86bd

860 Gambar Rumah Adat Lukisan Gratis Terbaik Gambar Rumah


0 Response to "Lukisan Rumah Adat Batak Toba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel