Lukisan Rumah Adat Batak

Lukisan Rumah Adat Batak

Rumah adat krong bade mempunyai bentuk persegi panjang dan dibuat memanjang dari arah timur ke barat. Atap rumah adat krong bade terbuat dari daun rumbia serta lantainya terbuat dari bambu atau enau.

Merayap Di Dinding Gorga Mengenal Filosofi Seni Ukir Batak

Rumah adat batak toba atau biasa disebut rumah bolon telah didaulat menjadi perwakilan rumah adat sumatera utara di kancah nasional.

Lukisan rumah adat batak. Hal semacam ini memang kerap menjadi perhatian para pengunjung untuk datang berkunjung. Rumah adat batak ribuan jumlah suku bangsa di indonesia membuat negeri ini memiliki kekayaan adat dan budaya yang sangat melimpah. Enam jenis rumah bolon.

Rumah adat batak adalah rumah bolon yang biasanya terdiri dari dua bagian yaitu rumah dan sopo lumbung padi. Popularitas indonesia si mata dunia adalah sebagai adalah satu negara yang memiliki ragam budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Atap rumah adat krong bade terbuat dari daun rumbia serta lantainya terbuat dari bambu atau enau.

Terlebih lagi bagi mereka yang belum pernah melihatnya dan punya antusias yang tinggi terhadap peninggalan sejarah kebudayaan di suatu daerah. Pada zaman dahulu rumah adat ini mempunyai fungsinya masing masing seperti rumah adat perempuan yang berfungsi sebagai tempat memasak rumah adat laki laki sebagai tempat perkumpulan dan sopo yang digunakan sebagai tempat menumbuk padi dan tempat menyimpan bahan makanan tahunan. Rumah adat krong bade mempunyai bentuk persegi panjang dan dibuat memanjang dari arah timur ke barat.

Salah satu budaya yang masih dijaga sampai saat ini adalah rumah adat sumatera utara yang masih mudah. Rumah adat bolon ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara. Rumah berbentuk persegi panjang dan masuk dalam kategori rumah panggung ini umumnya dihuni oleh 4 6 keluarga yang hidup secara bersama sama.

Salah satu provinsi yang memiliki budaya yang beraneka ragam adalah sumatra utara. Suku batak di sumatera utara terdiri dari beberapa jenis yaitu batak toba simalungun karo mandailing pakpak dan angkola. Rumah adat suku batak di daerah sumatera utara namanya rumah bolon atau sering disebut dengan rumah gorga.

Kekayaan budayanya berupa rumah adat pakaian tarian senjata suku lagu daerah maupun bahasa daerah. Selain itu peninggalan batak toba yang masih dijumpai saat ini adalah rumah adat. Rumah adat batak adalah salah satu bukti kekayaan budaya dan peninggalan sejarah di indonesia tepatnya di provinsi sumatera utara.

Pelataran tersebutlah yang memiliki fungsi. Rumah adat batak daya tarik lain dari samosir bukan hanya suku bataknya saja tetapi juga rumah adat batak. Rumah adat ini berbentuk persegi panjang serta termasuk kategori rumah panggung.

Oleh sebab itu jenis rumah bolon yang ada juga. Dinding rumah terbuat dari kayu dan dihiasi dengan lukisan. Dinding rumah terbuat dari kayu dan dihiasi dengan lukisan.

Rumah adat sumatera utara indonesia mempunyai kekayaan budaya yang sangat beraneka ragam. Lumbung padi itulah yang ada di depan rumah dan dibatasi dengan pelataran luar. Rumah ini menjadi simbol keberadaan masyarakat batak yang hidup di daerah tersebut.

Rumah Adat Kalimantan Barat Gambar Penjelasan Romadecade

Rumah Adat Sumatera Utara Nama Filosofi Ciri Khas Bagian Bagian

Lukisan Rumah Adat Batak Kanvas Cat Minyak Ceriwis Komunitas

Apa Saja Macam Macam Ornamen Hias Rumah Adat Batak Diskusi

Gambar Lukisan Rumah Adat Surat Kabar


0 Response to "Lukisan Rumah Adat Batak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel